​(#BukuUntuk2017)

Selesai baca buku ke-1
A Game of Thrones (Perebutan Takhta) – George R R Martin
Fantasious, Jakarta (2015)
910 halaman

Begitu tertarik untuk mengikuti novel ini karena serial yang telah ku tamatkan sebelumnya. Biasanya antara novel dengan film terdapat kesenjangan cerita. Pada novel dan serial Game of Thrones ini pun juga terdapat hal yang menjadi kebiasaan tersebut. Itulah latar belakang ingin menyelami karya George Martin ini. 

Novel ini merupakan terjemahan. Tidak banyak koleksi di rak seputar karya mancanegara, novel ini menempati koleksi pelengkap dari novel terjemahan. Serial HBO nya merupakan pemilik rating yang tinggi. Tidak ketinggalan, novel terjemahannya lumayan untuk dirating lumayan. Justru lebih lengkap di novel daripada di serial HBO nya.

Novel pertama ini masih bercerita awal-awal permasalahan di Andal. Diawali dari Winterfell, tempat Lord Eddard Stark memimpin. Kunjungan sahabatnya King Robert Baratheon menjadi muara kisah yang terus saja terjadi seperti ombak. Percobaan pembunuhan, tangan kanan raja, penyanderaan adik penguasa, bahkan kemudian berujung pada awal perang kecil. Itu merupakan salah satu alur inti, disamping alur lain yang mendukung cerita epik ini.

Politik dalam novel ini begitu kental dan ekstrim. Perebutan kekuasaan, mempertahankan idealisme, dan permainan politik yang begitu rapi. Latarnya seperti kerajaan di dunia tengah, hampir seperti The Lord of The Ring. Akan tetapi ini lebih maju lagi beberapa abad, bahkan peradabannya. Tidak lagi ada monster-monster aneh dari dunia fantasi. Penekanan ceritanya lebih pada politik kekuasaan.

Segi bahasa terjemahannya lebih enak daripada novel terjemahan yang terbaca sebelumnya. Oda Nobunaga dan salah satu novel serial yang katanya peraih New York Best Novel. Meski belum menjamah novel fiksi terjemahan Harry Potter. Tetapi suguhan bahasa dari novel ini membuat dapat menikmati alur cerita yang menarik. Hanya mungkin kendala selama membaca adalah bosan, mungkin karena efek terjemahan itu. Hampir mirip ketika membaca Oda Nobunaga, tetapi lebih mengesankan a Game of Thrones ini.

Nikmati serial novel karya George Martin ini. Pertengahan tahun ini, serial HBO nya akan kembali meneruskan season sebelumnya. Sila baca!

Lama baca : 7 Desember 2016 – 16 Februari 2017

Advertisements