​(#BukuUntuk2017)

Selesai baca buku ke-3
Harta Vaeran – Pratama Wirya
Gramedia , Jakarta (2011)
517 halaman

Kali ini saya harus menjamah novel dengan genre fantasi. Novel yang mengangkat dunia Vandaria Saga. Entah dunia yang seperti apa. Tetapi cukup menarik untuk mengikuti kisahnya. 

Sebetulnya pernah melihat novel ini dijajaran rak buku di toko buku. Tetapi baru tertarik membaca karena saya ingin mengeksplorasi novel fantasi. Seliar apakah imajinasi penulis? Saya harus belajar banyak kepada mereka yang menuliskan cerita di luar batas imajinasi.

Ceritanya tentang perburuan harta karun yang dinamakan Harta Vaeran. Kisah utama dari Karnthe, anak seorang pemburu harta karun. Dalam perjalanannya mencari Harta Vaeran, ia menemukan kawan-lawan hingga sampai pada harta diharta daripada Harta Vaeran.

Karnthe menginisiasi untuk membuat kelompok yang terdiri dari berbagai ahli. Seperti Fukhoy-ri, Karin dan yang lainnya. Mereka terdiri dari manusia yang memiliki keahlian yang berbeda. Baik dari sihir hingga pengetahuan. Mereka saling melengkapi dalam kelompok tersebut.

Puncaknya cerita ketika crew dari Karnthe ini berhasil menerobos pintu rahasia dan akhirnya mereka masuk dalam dunia yang berbeda. Dan dimulailah puncak cerita ini. Seperti drama di serial FTV, kawan lama dari crew Karnthe melakukan pengkhianatan. Ceritanya begitu mengalir, satu bagian dengan bagian lainnya saling berkaitan.

Novel fantasi, bagaimana pun juga ceritanya begitu sangat tidak bisa dirasionalkan dengan keadaan senyatanya. Ia berada dalam cerita yang memiliki hukum alam sendiri. Sesuka dari pengarangnya dalam menuntun pembaca menikmati ceritanya. Bahkan masing-masing pengarang memiliki ciri khasnya tersendiri. Tidak dapat dipersamakan.

Kisah lebih lengkapnya bisa membacanya langsung. Sepertinya ketika ada diskonan Gramedia pasti ada. Lumayan untuk kantong mahasiswa, lebih bersahabat. Tidak salahnya menjelajah dalam dunia fantasi. Semoga dapat mengambil pelajaran berharga dari Harta Vaeran.

Lama Baca : 27 Februari – 8 Maret 2017

Advertisements