(#BukuUntuk2017)

Selesai baca buku ke-8
Ratu Seribu Tahun – Ardani Persada
Gramedia, Jakarta (2017)
533 halaman

Setelah Harta Vaeran, kali ini saya menjamah kembali dunia fantasi Vandaria. Temanya memang Vandaria, dunia fantasi yang dikembangkan oleh penulis yang menggelutinya. Tentu dengan kaidah-kaidah yang tersendiri, sesuai dengan bentuk dunia yang mereka bayangkan dan divisualisasikan ke dalam naskah novel. 

Judul novel fantasi Vandaria ini, Ratu Seribu Tahun. Sesuai dengan judulnya, novel ini mengisahkan tentang seorang ratu yang hidupnya seribu tahun. Tetapi, ada sebabnya mengapa ratu tersebut harus hidup seribu tahun. Kehidupan yang tidak normal sebagai seorang manusia, kecuali frameles yang menjadi Delapan Yang Abadi dan Raja Surga. 

Kisah terpanjangnya mengisahkan tentang perjalanan Sang Ratu Seribu Tahun itu menggembara. Pengembaraan ini juga mempunyai sebab yang berkaitan dengan kehidupannya seribu tahun tersebut. Perjalanan ke barat, ini sepertinya terinspirasi dengan kisah Kera Sakti. Dugaan saya menguat ketika Sang Ratu memiliki pengikut dalam perjalanan yang bernama Kugo (dibalik menjadi Goku). 

Perjalanan tersebut juga menjalankan misi mengajarkan ajaran Rahwan. Sebuah keyakinan yang dibuat di dunia fantasi Vandaria ini. Kali ini perjalanan ke Barat tidak serta merta bertemu Budha, tetapi mengajarkan Rahwan. 

Ceritanya seru, tapi menurut saya agak membuat bosen, entah kenapa. Lebih easy baca Harta Vaeran daripada ini. Tapi bagi yang mau nyoba tidak ada salahnya, bagus juga kok. Selamat menyelami dunia fantasi. 

Lama Baca : 29 Maret – 3 Juli 2017

Advertisements