(#BukuUntuk2017)

Selesai baca buku ke-9
The Lord of The Rings : The Two Towers
Gramedia, Jakarta (2016)
432 halaman

Novel ini merupakan seri kedua dari Trilogi The Lord of The Rings. Novel pertama dulu, saya belum mengenal dunia peresensian setelah selesai membaca. Tetapi kini, seri kedua ini, saya akan mencoba sedikit berkomentar.

Membaca novel yang sudah dimoviekan itu berbeda kesannya. Saya sendiri berulang kali mencoba kembali menonton scene dari film TLOTR ini. Sudah menjadi rahasia umum, Novel yang dimoviekan itu akan banyak perbedaannya. Hal ini terutama karena faktor durasi movie yang terbatas. Begitu pula seri kedua ini.

Saya jauh menikmati membaca novel ini. Terutama ketika Aragorn dan kawanannya mencari hobbit yang dibawa Orc. Begitu pula saat kisah kedua hobbit ini menjadi tawanan Orc dan memasuki hutan Fangorn. Kesannya lebih detail dan runtut, memang lebih kompleks dari di film. Begitu juga di buku kedua yang menyeritakan Frodo dan Samwise.

Tidak ada salahnya baru membaca trilogi TLOTR, daripada tidak sama sekali. Terutama pengagum fantasi dunia Tengah ala Tolkien. Lagi pula, kini Gramedia, mencetak kemasan baru yang lebih berwarna untuk karya Tolkien ini. Sila cari di toko buku dan selamat membaca.

Lama baca : 6 – 19 Juli 2017

Advertisements