(#BukuUntuk2017)

Selesai baca buku ke-13
Golok Naga dan Pedang Langit Jilid 4 (Tamat) – Jin Yong
Gramedia, Jakarta (2016)
431 halaman
Lama baca : 1 – 3 Agustus 2017

Ini adalah buku terakhir dari tetralogi Golok Naga dan Pedang Langit. Sedangkan novel ini adalah bagian dari novel Pendekar Rajawali. Entah, saya sendiri kagum pada penulis yang menggunakan inisial Jin Yong itu. Otaknya begitu brilian untuk menciptakan alur yang begitu menarik untuk dibaca.

Dalam buku terakhir inilah kunci dari segala persoalan yang bertumpuk-tumpuk diakhiri. Begitu menarik sebenarnya untuk diulas, tetapi saya merasa harus baca saja jika ingin tahu apa saja yang dialami oleh tokoh utama Zhang Wuji. Tentang cerita cinta Zhang Wuji dan hubungannya dengan ayah angkatnya semuanya berada di novel terakhir ini. Terutama juga dengan kekuasaan Dinasti Ming yang mengakusisi Dinasti Yuan (Mongol).

Pesan saya, semua yang kita alami adalah serangkaian buntut panjang. Hidup kita hingga sekarang adalah perjuangan dan rangkaian dari sejarah sebelumnya. Tentang bapak ibu yang melahirkan anaknya kemudian menjadi dewasa dan akan menjadi orang tua. Bekal yang diberikan kepada anak adalah sebuah amal jariyah, begitu hingga nanti hari akhir. Anak akan mengamalkan apa yang diajarkan oleh orang tua, maka didiklah anak menjadi insan yang terbaik untuk membahagiakan kita kelak.

Dari segi eksternalnya, semua itu ada dinamikanya. Tetapi hati akan menemukan suara yang sejati dan itulah prinsip. Bekal prinsip yang diajarkan dalam keluarga inilah yang akan mempengaruhi orang tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Tidak perlu meminang baik dan buruk lingkungan, jika dalam keluarga telah diajarkan kebaikan hati akan menuntunnya menjadi lebih baik dengan prinsip teguh tersebut.

Banyak pesan yang dapat digali dalam novel karya Jin Yong ini. Tidak hanya cerita silatnya yang menarik. Dapat dipelajari bagaimana intrik politik dan ekonomi yang menjadi dasar sebuah pergerakan Sekte Ming. Begitu juga dengan kisah cinta yang dialami oleh tokoh-tokohnya, itulah dinamika. Jika penasaran, silakan berburu novel ini baik di toko buku maupun lapak online.

Advertisements