Mengisi hari dengan membaca buku merupakan hal yang baik, begitulah setidaknya wawasan kita akan semakin terbuka. Tidak hanya buku tertentu, tetapi semua buku. Baik itu novel ataupun buku sastra lainnya. Dalam buku itu sendiri mengandung unsur kaya akan pesan yang disampaikan oleh penulisnya.

Sudah dua tahun ini, saya membuat sedikit catatan kecil terhadap buku yang saya baca selama setahun. Awalnya terinspirasi oleh seorang teman di kampus. Setiap kali selepas baca buku dirinya menulis resensi kecil di instagram. Setidaknya saya mencatat ada tiga orang pada tahun kemarin yang memiliki hal unik yang sama itu.

Dengan metode ini, kami bisa melakukan tracking pada jumlah buku yang terbaca dalam tempo satu tahun terakhir. Melalu data statistik milik saya, tercatat di tahun 2016 ada 16 buku terbaca sedangkan pada tahun kemarin (2017) ada 15 buku. Dengan demikian dapat diambil data bahwa setiap tahunnya setidaknya saya membaca 15 buku dari rata-rata tersebut.

Tahun 2018 ini tidak tahu saya akan mengkhatamkan berapa buku. Apakah sama? ataukah kurang? atau mungkin bisa saja lebih? Semua itu prediksi saja, semoga tetap dapat membaca buku. Semoga saja tahun ini buku saya terbit. Semoga saja tahun ini saya menikah. Semoga saja…… ya semoga saja semua itu terkabulkan.

Inilah jurnal penutup postingan dengan hastag #BukuUntuk2017 dan dengan ini akan kita mulai hastag baru #BukuUntuk2018

Advertisements