(#BukuUntuk2018)

Selesai baca buku ke-3
Negeri Kabut – Seno Gumira Ajidarma
Grasindo, Jakarta (2016)
157 halaman
Lama baca : 13-24 Januari 2018

Buku ini menjadi buku kedua terlahir dari Seno Gumira Ajidarma setelah Nagabumi yang saya baca. Berbeda dengan Nagabumi, itu sangat jelas karena Nagabumi merupakan cerita silat yang bersusun dari ribuan halaman. Sedangkan, Negeri Kabut adalah kumpulan cerita pendek dari Seno Gumira Ajidarma. Negeri Kabut menjadi buku kumpulan cerpen pertama, sehingga saya perlu mengeset mainset bayangan saya tentang buku ini tidak seperti buku cerita biasanya.

Dari 13 cerita pendek yang dibukukan ini, saya begitu menikmati beberapa judul saja. Cerita yang saya nikmati benar-benar seperti bius, setidaknya menjadikan saya terpikat dari cerita dan tata alurnya. Negeri Kabut itu sendiri dan Perahu yang Muncul dari Balik Kabut menjadi cerita pendek yang saya nominasikan. Setidaknya menginspirasi satu cerita yang saya tulis beberapa waktu lalu.

Di halaman-halaman terakhir ada riwayat publikasi yang membuat riwayat cerita pendek dalam buku itu pernah dipublikasikan. Seno Gumira menjadi penulis yang aktif mengisi media cetak dengan berbagai cerita menarik. Dengan dipublikasikannya sebuah karya maka akan tahu seberapa minat pembaca akan karya kita. Semoga inilah yang dapat menjadi motivasi tambahan untuk terus berkarya dalam bidang kepenulisan.

Advertisements