(#BukuUntuk2018)

Selesai baca buku ke-4
Konspirasi Alam Semesta – Fiersa Besari
Mediakita, Jakarta (2017)
238 halaman
Lama baca : 24-29 Januari 2018

Konspirasi Alam Semesta (KAS) merupakan salah satu novel istimewa bagi saya. Alasannya ada dua, pertama terbubuhkan tanda tangan langsung dari Bung Fiersa Besari. Dan yang kedua adalah ceritanya. Menurut saya, KAS mengangkat cerita zaman now yang berbalut pemikiran pergerakan. Hal inilah yang menjadikan KAS menjadi istimewa.

Bercerita tentang seseorang tokoh yang dinamakan Juang Astrajingga atau bisa dipanggil Juang atau juga Lelaki Jingga. Alur ceritanya seputar Juang, baik dari romantismenya dengan pacar hingga karya dan dedikasinya. KAS menjadi novel roman karena hampir dari setengahnya menceritakan asmara yang dialami oleh sosok Juang.

KAS dapat berubah menjadi novel aktivis karena sosok Juang yang bergerak menjadi aktivis kemanusiaan dan alam. Hal lain juga yang menadasari aktivis yaitu karena ayah dari Juang merupakan Eks-Tahanan Politik (ekstapol). Juang merupakan sosok yang mempunyai dedikasi tinggi, tidak hanya untuk orang tuanya dan keluarga, tetapi juga kepada pacar, sahabat, manusia lain dan alam.

Sayang beribu sayang, novel ini memiliki sad ending. Tetapi, itu bukan akhir dari konspirasi yang diciptakan oleh karya Bung Fiersa Besari. Karena benar, semua ini ada karena konspirasi alam semesta. Selamat mencari dan membaca.

Advertisements