(#BukuUntuk2018)

Selesai baca buku ke-5
Catatan Juang – Fiersa Besari
Mediakita, Jakarta (2017)
306 halaman
Lama baca : 29 Januari – 22 Februari 2018

Setelah menamatkan Konspirasi Alam Semesta, selanjutnya saya meneruskan ke sekuelnya Bung yaitu Catatan Juang. Dari judulnya sudah jelas bercerita tentang siapa. Tidak salah lagi, jelas Juang Astrajingga atau yang lebih dikenal sebagai Lelaki Jingga. Tetapi jelas, Juang tidak kembali hidup karena ini adalah buku catatan yang ditulis Juang yang terjatuh di sebuah angkot. Lantas siapa tokoh utamanya? Suar atau yang memiliki nama panjang Kasuarina.

Dalam novel ini, Bung menceritakan kehidupan Suar yang mengalami perubahan karena membaca buku catatan harian yang ditulis Juang. Sangat banyak perubahan itu, pengaruh buku yang ditemukan Suar ini begitu berperan mengarahkan mainset Suar. Meski Suar sendiri tidak tahu siapa yang menulis catatan itu.

Perubahan dalam diri Kasuarina misalnya dalam hal pandangannya terhadap cita-cita. Setelah membaca buku harian Juang, Suar menjadi mempunyai keinginan untuk kembali mewujudkan cita-citanya. Ia memulai untuk keluar zona nyaman sebagai pegawai dan memulai membuat film dokumenter hingga dinamika yang menyeretnya ke hal-hal yang tidak terduga sebelumnya.

Salah satu dinamika dalam mewujudkan cita-citanya tersebut yaitu kisah cintanya dengan salah seorang teman Juang, pemilik catatan harian yang ditemukannya tempo waktu. Dengan hal ini, novel Catatan Juang memiliki garis yang berkaitan dengan novel sebelumnya Konspirasi Alam Semesta.

Buku karya ‘Bung’ Fiersa Besari ini patut untuk dinikmati. Tentu jangan setengah-setengah, ada karya sebelumnya juga agar tetap sinergi. Selamat membaca.

Advertisements