(#BukuUntuk2018)
Selesai baca buku ke-7
Siwa : Rahasia Kaum Naga – Amish
Javanica, Tangerang (2017)
406 halaman
Lama baca : 25 Februari – 10 Maret 2018

Novel ini merupakan sekuel karya Amish. Menceritakan perjalanan selanjutnya dari Siwa, Sang Nilakantha. Perjalanan yang lebih dahsyat lagi setelah penaklukan Wangsa Chandra yang beribu kota di Ayodya. Hal ini dilakukan karena bagi Wangsa Chandra, ramalan tentang Nilakantha tidak begitu diyakini.

Beberapa hal yang menakjubkan dan di luar dugaan hadir dalam novel kedua ini. Seperti kehadiran Kaum Naga. Sebuah bangsa yang hidup karena dampak dari penggunaan obat suci. Benar-benar sesuai dengan judulnya. Kebanyakan alur memang mengarahkan kepada mainset untuk membangun imajinasi Kaum Naga.

Mulai dari seorang raja bawahan Ayodya yang mempunyai saudara yang juga ternyata merupakan seorang Kaum Naga. Ia disembunyikan di sebuah tempat yang dilarang untuk dijamah masyarakat awam. Tetapi rahasia itu berhasil diketahui oleh istri Siwa, Dewi Sati.

Hal lain yang tidak saya duga sebelumnya yaitu kehadiran Ganesa. Banyak diketahui bahwa Ganesa ini mempunyai keterkaitan dengan ilmu pengetahuan. Bahkan di Indonesia menjadi lambang salah satu perguruan tinggi negeri di tanah Sunda. Seperti apa bayangan Anda tentang Ganesa? Lebih baik baca bukunya secara taat.

Advertisements